ORANG-ORANG NEWMONT



Untuk mendapatkan perhatian, salah satu caranya adalah membuat kontroversial. Orang-orang yang telanjang di TV atau artis yang berkelahi atau cerai atau apapun namanya sebenarnya mereka ingin menaikkan posisi pasar. Orang-orang ini sebenarnya ingin diperhatikan ”di-per-hati-kan” bukan ingin dilihat saja tapi ingin publik tahu tentang eksistensi mereka yang berakibat pada posisi tayang mereka. Contoh lain yang ingin diperhatikan dengan membuat kontroversial adalah tulisan ini. Seandainya saya menulis dengan judul “QUO VADIS KSB” tentu tidak akan dibaca, mungkin, karena public issue kita terlalu besar pada newmont.

Kenapa saya menulis orang-orang newmont? Alasannya banyak!

1.Perhatian pemerintah (DAERAH) kita terhadap newmont terlalu besar seolah-olah hanya itulah sumber daya kita. Pemerintah lupa bahwa rakyatnya yang bekerja di perusahaan milik amerika ini tidaklah banyak. Mayoritas penduduk KSB adalah petani dan nelayan. Kenapa tidak memikirkan saja harga pupuk yang tidak bisa dijangkau oleh petani untuk diselsaikan yang secara langsung mampu membantu rakyat? Atau kenapa tidak konsen saja dengan Program-program yang tidak berjalan misalnya SUBSIDI POENDIDIKAN 100% atau 50% yang hanya wah ditataran mulut tapi tidak pada realita?

2.Prospek pengembangan pertanian dan perkebunan di wilah kita sebenarnya sangat menjanjikan yang seandainya dikembangkan (bukan hanya ditataran wacana) sangat membantu secara langsung kepada kesejahteraan masyarakat.

3.Secara sosio kultural, masyarakat kita adalah masyarakat petani dan tentu berpengaruh pada psikologis masyarakat secara langsung seandainya ranah ini dikembangkan.

4.Masyarakat kita belum siap menjadi masyarakat industri. Jika KSB dijadikan daerah industri maka bersiaplah menjadi pemain belakang atau lebih parahnya menjadi penonton karena secara tekhnis masyarakat kita belum memiliki keterampilan. Buktinya sekarang sudah terlihat, lihatlah Newmont.

5.Ada tidaknya newmont tidak terlalu berpengaruh pada DAU APBD KSB.

Jadi kehilangan newmont sebenarnya tidaklah berpengaruh besar pada tataran kesejahteraan rakyat. MASI BANYAK YANG BISA DIKEMBANGKAN!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

SATERA JONTAL

DATU SERAN KEDINGINAN