SATERA JONTAL

Konon, saat manusia belum mengenal tulisan (saman pra sejarah), manusia saling berhubungan atau berkomunikasi sesamanya hanya dengan kata-kata, namun seiring dengan berjalannya waktu, komunikasi antar manusia pun berubah menjadi beragam cara termasuk lahirnya berbagai simbol atau tulisan (saman sejarah).


















Merasa 'gengsi' dengan beragamnya kebudayaan yang eksis di dunia, maka Sumbawa pun melahirkan sebuah karya budaya dalam bentuk sastra tulisan yang dinamakan satera jontal. Satera jontal bukan sebuah sastra dari tulisan, melainkan bagaimana simbol tulisan itu sendiri disepakati dan dijadikan alat untuk berkomunikasi dalam bentuk tulisan..


















Satera Jontal merupakan kebudayaan kuno etnis Samawa (sumbawa) yang diwujudkan dalam bentuk lambang, kemudian tiap-tiap lambang tersebut terdapat makna tersendiri. Dinamakan satera jontal, karena tulisan ini banyak ditulis di atas jontal (daun lontar). Dan Satera merupakan sastera dalam bahasa Indonesianya.

Daun lontar merupakan tanaman yang banyak tumbuh di dataran sumbawa. untuk menulis satera jontal bukan menggunakan tinta, namun bara apilah yang digunakan untuk menggores permukaan lontar tersebut sehingga berbentuklah kalimat. peninggalan satera jontal masih ada di sumbawa. dan itu merupakan barang sejarah yang harus di lestarikan







Tulisan terkait
Temar Otak: Metode Penyembuhan Sakit Tenggorokan Ala Sumbawa
Penjual Tepung Genang: dari mana Mereka Datang?

Komentar

  1. ka gmana cranya publikasi blogg

    BalasHapus
  2. maaf, saya boleh publikasikan ini di majalah pemda tidak

    BalasHapus
  3. Boleh, silahkan dengan senang hati, tapi alangkah baiknya jika sumbernya juga ditulis.

    BalasHapus
  4. Dimana bisa ditemukan satera jontal yang asli ??

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Wkkkk...itu tulisan lontara...bugi s- makassar make....aku bisa baca tuh, sejak sd dah ajarin..

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar !!

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

DATU SERAN KEDINGINAN