HOTSPOT GRATIS DI NTB - KSB



Iri saya membaca Koran Jawa Pos tentang kesiapan pemerintah Jawa Timur yang mencanangkan program 1500 titik hotspots yang disebarkan disetiap wilayah Jawa Timur. Jika misalnya diasumsikan ada 30 kabupaten di Jawa Timur maka setidaknya masing-masing kabupaten mendapatkan 50 titik Wi-Fi atau hotspot gratis. Bagaimana dengan di NTB? Sudah adakah? Atau KSB? Mimpi kali yeeeeeeeeeee!!!!! Satu pun gak ada sejak tulisan ini di tulis.

Jika menginginkan kesejahteraan bagi segenap masyarakat ada 3 faktor yang mesti di persiapkan. Dua diantaranya sudah tidak asing lagi karena sejak SD kepala ini sudah di ajarkan tentang SDA dan SDM. Dan yang ketiga adalah tersedianya infrastruktur. Infrastruktur yang saya maksud disini adalah tersediannya akses informasi. Pemerintah KSB sedang mengembar-ngemborkan tentang pendidikan gratis sementara infrastrukturnya terkesan terabaikan atau dinomorduakan. Perpustakaan daerah pun belum ada. Atau jangankan perpustakaan daerah yang perlu menghabiskan milyaran rupiah untuk membangunnya, buat saja beberapa titik hotspot dan masyarakat pun akan maju SDM-nya, akses informasi akan mudah, mahasiswa lebih mudah mencari bahan kuliahnya, atau mungkin ibu-ibu yang menjual palopo di perempatan Taliwang itu bisa menjual jajannya lewat blog/website pribadinya atau mungkin lebih maju lagi membuat waralaba palopo. Hahaha, Mimpi mas? Ini terkesan angan-angan padahal sudah menjadi hal yang wajar sekarang ini jika seorang ibu yang menjual jajan buatannya ke luar negeri.

Sejak tulisan ini dibuat akses internet speedy untuk produk unlimitednya Cuma 750.000 untuk penggunaan kantor, apalagi yang umum. Saya bisa membayangkan betapa ramainya alun-alun Taliwang dan Danau Lebo seandainya dipasang akses internet gratis, begitu indahnya. Tidak usah terlalu banyak cukup masing-masing kecamatan. Saya harap pemerintah kita lebih melek internet. Demi SDM daerahnya! Yang jelas biaya akses internet akan semakin murah seperti Negara tetangga kita Singapura yang Cuma sekitar 50 ribu untuk akses unlimitednya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

SATERA JONTAL

DATU SERAN KEDINGINAN