PEMUDA-PEMUDI HARAPAN BANGSA, KARYA BUNG KARNO

Mengutip sebuah ungkapan dari seorang pendahulu kita,Soekarno,"Berikan aku 10 pemuda,maka akan aku ubah dunia ini." Sadar atau tidak,pemuda saat ini sudah jauh dari apa yg seharusnya. Entah karena korban atau apapun sebabnya,pemuda sudah jauh dari unsur-unsur potensial yg ada pada dirinya.

Kita sudah belajar banyak dari sejarah,bagaimana seorang pemuda Muhammad SAW yang saat masi mudanya (sebelum nubuwah) menjadi enterpreneur yg sangat dipercaya. Sebuah contoh lagi,Ibrahim a.s,bagaimana dia belajar saat mudanya dalam mencari hakikat diri,alam dan Tuhannya. Entahlah,adakah sekarang pemuda yang seperti mereka yg bisa merubah keadaan kita sekarang?? Pernah suatu waktu saya berdiskusi menanyakan hal tersebut dengan seorang teman di asrama KSB Malang. Tampak jawaban pesimis yg keluar dari bibirnya,"mereka kan nabi?!". Ah,mereka mungkin lupa bahwa Tuhan menurunkan seorang Nabi atau apapun namanya,selama bisa diambil ilmunya,adalah sebagai suri tauladan.
Sekulerisme terhadap agama sangat kuat sekali tertanam pada mindset mereka. Agama adalah agama,dan hidup adalah hidup,mereka memaknai agama hanya sebagai ritual tanpa memahami bahwa agama adalah sebuah sistem holistik untuk kesejahteraan. Namun naif jika kita hanya menyalahkan pemuda. Bukankah pemuda adalah sebuah bentukan lingkungan?? Kembali kepada ungkapan Soekarno diatas"Berikan aku 10 pemuda,maka akan aku ubah dunia ini.". Dari ungkapan ini jelas bahwa pemuda adalah bentukan. Salahkan sistem pendidikan kita,salahkan media yang tak mau tahu dengan kausalitas yang seenaknya memuat tayangan tanpa memperhatikan perkembangan manusia. Ah,kayaknya banyak yang seharusnya disalahkan dengan bangsa ini...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

SATERA JONTAL

DATU SERAN KEDINGINAN