PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM)
Pakem adalah singkatan dari pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pembelajaran dengan metode ini konon tercipta karena adanya paradigma baru dalam belajar yaitu konstruktivistik.
Disini saya mencoba menulis satu persatu yang walaupun saya pikir anda pun bisa mengartikannya sendiri disebabkan dari kosakata yang sederhana dari kata-kata ini :
Inti pendidikan dimana-mana adalah bagaimana agar si pembelajar paham dan merasa nyaman ketika belajar. Hal ini mutlak harus ada dalam proses pembelajaran. Jika pembelajaran tidak terdapat kata AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN maka terimakasih, bapak-bapak dan ibu telah membuang-buang waktu sia-sia dan yang tak kala tragisnya adalah anda telah menghabiskan APBN sia-sia dari gaji yang bapak-bapak dapatkan.
Pembelajaran kreatif adalah penataan situasi dan kondisi belajar yang dapat mendorong dan mengundang peserta didik untuk memilih kegiatan atau bertindak sesuai dengan motivasi internal (kebutuhan dan minat)
Pembelajaran efektif adalah situasi dan kondisi belajar yang dirancang dan dilaksanakan agar dapat mencapai tujuan secara efektif dan efesien, baik tujuan pembelajaran (intruksional effect) maupun dampak pengiring (nurturrant effect)
Pembelajaran menyenangkan adalah penataan situasi dan kondisi belajar yang mendorong peserta didik untu belajar secara optimal serta nyaman.
adapun ciri-ciri pakem yaitu
- peserta didik terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan melalui perbuatan
- peserta didik dapat menggunakan peralatan dan lingkungan sebagai sumber belajar yang menarik dan menyenangkan
- peserta didik merasa aman dan nyaman berlama-lama tinggal di tk/sekolah
- peserta didik lebih kooperatif dalam pembelajaran
- peserta didik termotivasi memecahkan masalah dan kreatif mengungkapkan gagasan
- mampu mengembangkan kemampuan dengan cara bertindak/berbuat dan berinteraksi dengan sumber belajar primer; melibatkan diri dalam kegiatan secara kelompok ataupun klasikal, berinteraksi dengan sumber belajar primer maupun skunder; mengamati secaravisual sumber belajar; dan mecerap informasi yang dikemas oleh sumber belajar
- mampu mengembangkan minat, bakat, dan potensi yang dimiliki;
- dapat menghargai pendapat orang lain;
- dapat menerima perbedaan dan persamaan dengan orang lain;
- mampu menerapkan hidup sehat;
- taat kepada kebiasaan yang baik;
- peduli terhadap lingkunngan;
- dapat memiliki budi pekerti yang luhur
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tuliskan komentar !!