PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM)

Ketika melihat di feedjit, ternyata tulisan dengan tema di atas sering sekali masuk ke blog saya.
Pakem adalah singkatan dari pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pembelajaran dengan metode ini konon tercipta karena adanya paradigma baru dalam belajar yaitu konstruktivistik.

Disini saya mencoba menulis satu persatu yang walaupun saya pikir anda pun bisa mengartikannya sendiri disebabkan dari kosakata yang sederhana dari kata-kata ini :

Inti pendidikan dimana-mana adalah bagaimana agar si pembelajar paham dan merasa nyaman ketika belajar. Hal ini mutlak harus ada dalam proses pembelajaran. Jika pembelajaran tidak terdapat kata AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN maka terimakasih, bapak-bapak dan ibu telah membuang-buang waktu sia-sia dan yang tak kala tragisnya adalah anda telah menghabiskan APBN sia-sia dari gaji yang bapak-bapak dapatkan.

Pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang menuntut guru dapat menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga peserta didik aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan

Pembelajaran kreatif adalah penataan situasi dan kondisi belajar yang dapat mendorong dan mengundang peserta didik untuk memilih kegiatan atau bertindak sesuai dengan motivasi internal (kebutuhan dan minat)

Pembelajaran efektif adalah situasi dan kondisi belajar yang dirancang dan dilaksanakan agar dapat mencapai tujuan secara efektif dan efesien, baik tujuan pembelajaran (intruksional effect) maupun dampak pengiring (nurturrant effect)

Pembelajaran menyenangkan adalah penataan situasi dan kondisi belajar yang mendorong peserta didik untu belajar secara optimal serta nyaman.

adapun ciri-ciri pakem yaitu
  • peserta didik terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan melalui perbuatan
  • peserta didik dapat menggunakan peralatan dan lingkungan sebagai sumber belajar yang menarik dan menyenangkan
  • peserta didik merasa aman dan nyaman berlama-lama tinggal di tk/sekolah
  • peserta didik lebih kooperatif dalam pembelajaran
  • peserta didik termotivasi memecahkan masalah dan kreatif mengungkapkan gagasan
Dalam pembelajaran pakem peserta didik diharapkan
  • mampu mengembangkan kemampuan dengan cara bertindak/berbuat dan berinteraksi dengan sumber belajar primer; melibatkan diri dalam kegiatan secara kelompok ataupun klasikal, berinteraksi dengan sumber belajar primer maupun skunder; mengamati secaravisual sumber belajar; dan mecerap informasi yang dikemas oleh sumber belajar
  • mampu mengembangkan minat, bakat, dan potensi yang dimiliki;
  • dapat menghargai pendapat orang lain;
  • dapat menerima perbedaan dan persamaan dengan orang lain;
  • mampu menerapkan hidup sehat;
  • taat kepada kebiasaan yang baik;
  • peduli terhadap lingkunngan;
  • dapat memiliki budi pekerti yang luhur
Hendaknya para pendidik memperhatikan metode-metode diatas sehingga tujuan pendidikan INDONESIA bisa tercapai!!!!

DENGAN NAIKNYA GAJI GURU DAN DOSEN, KAMI ATAS NAMA BANGSA INDONESIA MENGHIMBAU AGAR GURU TETAP SELALU MENAMBAH WAWASANNYA SEBANDING DENGAN KESEJAHTERAAN YANG TELAH DIBERIKAN NEGARA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

SATERA JONTAL

DATU SERAN KEDINGINAN