KOTA KEDIRI, KEBIRI, KEMIRI, DAN KE SINI

Satu lagi ibu Kota Kabupaten yang saya datangi. Tersebutlah sebuah nama kota bernama Kediri. Sepertinya nama Kediri sangat favorit untuk dijadikan nama tempat di Indonesia. Setidaknya ada tiga nama daerah yang pernah saya injak yang namanya Kediri. Yang pertama di Kabupaten Lombok Barat (ada kecamatan yang namanya Kediri), kemudian di Bali (dekat Denpasar), dan yang terakhir Kediri Jawa Timur.










Secara historis mungkin hak cipta nama ini adalah kerajaan Kediri yang terletak di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Sebagai wujud kerakusan mengekspansi wilayah, takluklah Bali dan Lombok di bawah pengaruh kerajaan Kediri ini. Tidak tahu apakah daerah ini memang sebelumnya tidak punya nama maka diambillah nama kerajaan tersebut menjadi nama daerahnya masing-masing tanpa mau mengubah satu huruf pun, misalnya Kebiri, Kemiri, atau Ke Sini.....saya kentutin!



















Mengelilingi kota Kediri bukanlah semudah mengelilingi Kota Taliwang atau Mataram yang hanya punya dua jalur kendaraan (pulang dan pergi). Walaupun hanya sebuah kota kabupaten, saya sepertinya berani membuat hipotesa kalau kota Kediri sama (kurang sedikit) besarnya dari kota Malang. Ah sudahlah, yang jelas saya tertarik dengan landscape Bukit Bintang dan Gua Selomankling. Jika ke Kediri, sempatkanlah ke tempat ini. Highly recommended!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

SATERA JONTAL

DATU SERAN KEDINGINAN