PESAN MORAL DARI TALIWANG

Ini tentang perjalanan saya ke Taliwang, tadi. Pajak kendaraan motor saya mati dan kena denda. Yah, saya adalah wajib pajak yg tidak membayar pajak tepat pada waktunya !

Saya pun daftar di loket kantor pajak itu, catat-catat sebentar, lalu dioper ke bagian perhitungan, kemudian saya iseng-iseng nanya sama petugas perhitungannya:

Saya = "Total bayarnya kira-kira berapa mas ya?"
Petugas = "iya, sebentar mas ya, 508.000 !!" (menjawab dengan halus banget)
Saya = Oooooo....!!

Saya kemudian duduk menunggu surat pajak saya diproses. Tidak sampai 15 menit, semua selesai. Saya kemudian langsung menuju ke loket untuk membayar dan mengambil bukti pembayaran pajak saya.

Saya = berapa mas?
Petugas loket = 513.000 (sambil memencet-mencet kalkulator)

Engkau lihat Jack? Ada selisih 5 ribu! Merasa ditipu, saya kemudian tanya lagi.

Saya = Yah, kok di sana katanya 508.000 pak?
Petugas loket (menoleh kepada saya sambil mengambil kalkulator) = oh ya, 508.000 !!
Saya = hey, wajib pajaknya yang harus pandai menghitung ya? Atau petugas pajaknya? Ha? Ha? Ayo jawab! Jaaaaawab!! Jawab!! Ha? Plaaaaaak !! (dilontarkan di dalam hati)

Belum beranjak tiga langkah dari loket untuk pulang, eeeee ada panggilan aneh dari meja sebelah kiri pintu.

Petugas berseragam = Mas, bayar asuransinya belum!
Saya (kaget) = ha?
Petugas berseragam = bayarnya 30.000 pak!
Saya = asuransi apa lagi pak? Bukannya sudah tertera di sini dan saya sudah bayar?
Petugas berseragam = Kalo yang itu asuransi bagini begono, dan asuransi ini adalah asuransi yang bla bla bla....and bla bla bla
Saya = tapi gak bayar juga gak apa-apa kan?
Petugas berseragam = iya pak !!

Saya keluar dari kantor itu dan menuju ke warnet, pasang sitemeter blog, dan bergegas ke kantor Sekda lalu ke kantor BKD

Pesan moral = Kekritisan membuahkan keuntungan !!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

SATERA JONTAL

DATU SERAN KEDINGINAN