MENJADI EDITOR MAJALAH

Beberapa hari ini saya diberikan tugas menjadi editor sebuah majalah daerah yang menamakan dirinya Guntermuli. Majalahnya cukup serius, dicetak sekitar 1000 eksemplar dan dibagikan gratis kepada masyarakat Taliwang, Sumbawa Barat. Ya setidaknya majalah simple ini bisa meluaskan pikiran teman-teman saya di sana, atau membuat mereka bersemangat membangun media juga!

Sebagai catatan, ini bukan berarti kemampuan mereka tidak up to date. Untuk diketahui, di Taliwang saja sudah nongol sekitar sembilan 'butir' universitas, bisa dibayangkan kultur belajarnya seperti apa. Apalagi kuliahnya gratis, tentu lebih banyak peluang untuk menambah wawasan lebih dari saya yang tengah menunggu tanggal baru (kiriman baru) dan kenaikan BBM ini.

Menjadi editor sungguh pekerjaan yang mengasyikkan. Memeriksa format tulisannya, ejaannya, kesesuaian dengan tingkat bahasa pembaca, dan sedikit penambahan atau pengurangan kata/kalimat untuk mencegah kesalahpahaman pembacanya.
Sebenarnya ini pekerjaan baru bagi saya karena seumur hidup gak pernah menjadi editor majalah. Menjadi editor sebenarnya sering sekali saya lakukan saat SMA dulu, mengedit surat permohonan percepatan pengiriman jatah bulanan yang akan saya kirim ke orang tua saya maksudnya.

Agak rancu memang pengertian editor ini. Saya iseng melihatnya di kamus, di sana pengertian editor adalah pemimpin redaksi. Namun, majalah ini selain memiliki editor juga mempunyai pemimpin redaksi. Mungkin selama ini saya terlalu mereduksi pengerian editor hanya pada pemeriksaan gramatikal dan leksikal bahasa saja padahal sebenarnya lebih dari itu, perhaps.

Ngomong-ngomong, sebenarnya sekarang seharusnya saya harus mengedit satu tulisan lagi, kok sempat-sempatnya nulis buat blog! Hehe..




Artikel terkait:

Komentar

  1. Mas, mau nanya. Kalo untuk melamar jadi editor di sebuah majalah itu harus berlatar belakang jurusan tertentu ga ya? aku dari fak mipa ingin melamar ke bagian ini. Kira2 bisa ga ya mas. hee..
    Mkasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar !!

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

SATERA JONTAL

DATU SERAN KEDINGINAN