AIR TERJUN SEMPORON TANGKIL JEREWEH, SUMBAWA BARAT (KSB)

Sesekali berkunjunglah ke Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Selain memiliki objek wisata pantai yaitu Pantai Jelenga. Kecamatan ini ternyata menyimpan potensi wisata yang bagus, bahkan baru sekarang disadari keindahannya. Tersebutlah air terjun yang entah apa sebenarnya namanya. Seseorang menyebut air terjun ini dengan nama Semporon Tangkil, seseorang lagi memberi nama Kelela, yang lain memberi nama Ai Koa, dan yang terakhir Jantup. Kenapa air terjun ini baru sekarang terkenal padahal sudah begitu lama ada? Tak paham saya !

Air terjun jereweh sumbawa barat 1

Kita namakan saja air terjun ini dengan Air Terjun Semporon Tangkil Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Air terjun ini letaknya tidak jauh dari ibu kota kecamatan Jereweh yaitu berkisar lebih kurang 1 Km saja. Dengan mengendarai sepeda motor atau mobil, kita langsung bisa sampai ke sana dalam hitungan menit (sekitar 10 menit).

Air terjun jereweh sumbawa barat 2


Dari tempat parkir kendaraan, kita langsung disuguhkan dengan sebuah bendungan yang berair biru hijau. Dan di atas bendungan ini terdapat dua air terjun kecil. Awalnya saya kira inilah air terjun yang dimaksud, ternyata bukan. Untuk menikmati air terjun Semporon Tangkil ini, kita hanya perlu berjalan sekitar 100 meter saja menyusuri jalan kecil ke bagian atas bukit. Dan.....waaaaah.....luar biasa. Here you are, guys !!

Air terjun jereweh sumbawa barat 3
Air terjun jereweh sumbawa barat 4.jpg
Air terjun jereweh sumbawa barat 5
Air terjun jereweh sumbawa barat 6
Air terjun jereweh sumbawa barat 7
Kondisi topografi Kabupaten Sumbawa Barat yang bergunung dan berbukit memungkinkan banyaknya air terjun di kabupaten ini. Selain itu Kabupaten Sumbawa Barat juga memiliki hutan lindung yang sangat luas yang berfungsi untuk menyerap air. Air Terjun Jereweh ini, adalah bukti kalau KSB sebenarnya menyimpan banyak potensi pariwisata. Bayangkan, penduduk asli Jereweh saja banyak yang belum lihat dan mengetahui nama air terjun ini padahal jaraknya tidak lebih dari 3 Km dari rumah mereka. So, where to go and what to be, Sumbawa Barat? Just go, and enjoy the land !!!

Note: all pictures were captured by Wahyu Firmansyah using nokia E63, no editing. So, they are my right. Dont copy and paste without askig for permission to me. Regard !!




Artikel terkait:
Potret Hukum di KSB (Indonesia)
Quo Vadis Pariwisata KSB?

Komentar

  1. wah, sumbawa juga punya air terjun speerti ini,, keren deh jadi pingin ke jereweh

    BalasHapus
  2. indah nian....tinggal dibangun infrastruktur jalan dll supaya wisatawan tdk kesulitan pergi ke situ....mantap Wahyu

    BalasHapus
  3. thanks...sama sekali belum ada infrastruktur penunjang untuk air terjun ini. ke depan semoga dibuat tempat parkir, bruga,kioas, dan kamar ganti pakaian. tiket masuk dan parkirnya saja sampai komentar ini dibuat belum ada; gratis gratis gratis

    BalasHapus
  4. wah...baru tau ada air terjun di jereweh..
    oke, atur rencana kesana.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar !!

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

SATERA JONTAL

DATU SERAN KEDINGINAN